Sabtu, 29 Desember 2012

KEBIASAAN PAGI HARI YANG MELANGSINGKAN


Apa yang boleh dan tidak boleh kita lakukan di pagi hari agar tubuh tetap proporsional.

Mari lakukan evaluasi sederhana, di pagi hari, rutinitas apa saja yang biasa kita lakukan? Amati, dari rangkaian ritual pagi itu, mana yang bisa membuat lingkar pinggang kita tetap ramping. Tidak bisa membedakan kebiasaan mana yang bisa membuat tubuh kita tetap proporsional? Mari kita kategorikan bersama:

JANGAN LAKUKAN ini di pagi hari : Tidak sarapan.
Jika kita menganggap remeh sarapan, maka itu artinya kita tak menyayangi tubuh kita. Meski terkesan sederhana, sarapan adalah makanan penting sepanjang hari. Tak hanya dapat membuat perut kita rata, sarapan juga akan memengaruhi mood kita sehari penuh.
Khusus untuk manfaat sarapan bagi perut rata, penelitian membuktikan, responden yang tidak sarapan jarang sekali yang bisa memiliki timbangan badan ideal. Sebab mengabaikan sarapan justru akan membuat berat badan kita naik 2 kali lipat. Ini terjadi karena ketika makan siang, kita akan sangat kelaparan dan makan berlebihan.
Saat kita tak sarapan, tubuh memproduksi hormon ghrelin dalam jumlah yang besar. Ghrelin adalah hormon yang memicu nafsu makan kita.  Dan National Weight Control Registry di Amerika Serikat memiliki data, sebagian besar orang yang berhasil membuang 13,5 Kg dalam setahun karena tidak pernah sekali pun melewatkan sarapan.

JANGAN LAKUKAN ini di pagi hari : Menunda olahraga.
Penelitian membuktikan, orang yang berolahraga pagi akan lebih berkomitmen untuk rutin berolahraga dibanding yang melakukan olahraga sore hari. Ini terlihat dari persentase orang yang olahraga pagi dan tetap berolahraga ada sebanyak 75 persen, sedangkan yang olahraga sore yang sanggup menjaga komitmennya hanya 25 persen.

LAKUKAN ini di pagi hari : Mengonsumsi protein.
Mengapa protein? Sebab makanan ini dicerna perlahan oleh tubuh sehingga kita merasa kenyang lebih lama. Alhasil ketika makan siang tak akan makan berlebihan. Trik ini juga terbukti berhasil membuat perempuan yang obesitas mampu mengurangi total kalorinya sepanjang hari. Mereka hanya diminta untuk mengonsumsi roti panggang dan telur sebagai isi roti. Jika ingin membuktikan, coba kombinasikan protein dengan buah, roti gandum utuh, atau sereal. Ini akan membuat sarapan kita lebih sehat dan berenergi.

LAKUKAN ini di pagi hari : Olahraga sebelum sarapan.
Sebuah studi terbaru mengumumkan, olahraga sebelum sarapan tidak akan membuat tubuh mengalami kelebihan berat badan. Bahkan ketika usai olahraga kita makan tinggi kalori, gula darah tubuh tetap berada pada jalur aman. Olahraga pagi hari juga akan membuat aliran darah ke otak berjalan lancar sehingga semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan sempurna. Bonus tambahan, olahraga pagi hari akan membuat kita tidur lebih nyenyak di malam harinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar